Makassar, Pensilrakyat  |  Sekira 150 pelaku UKM dan anggota Koperasi dari Kota Makassar, Gowa, Maros dan Takalar mengikuti FGD (Focus Group Discussion) atau kelompok diskusi terarah terkait Inovasi Produk, Pemasaran dan Keuangan Berbasis Teknologi bagi Koperasi, bertempat di Hotel Denpasar, Jalan Boulevard No. 1, Kecamatan Panakukang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Kamis, 21 Juli 2022.

Forum Group Discussion dibuka langsung oleh Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan, Sukarniaty Kondolele bersama Kepala UPT Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan Zulkarnain Malik dan beberapa konsultan yang ahli di bidangnya.

Dalam sambutannya, Sukarniaty mengajak peserta Forum Group Discussion agar bisa saling sharing bersama untuk menyelaraskan usaha dengan kondisi kekinian dan berharap bisa menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat.

” Bersama Diklat Koperasi dan UMKM Forum Group Discussion digelar agar bisa saling sharing bersama untuk menyelaraskan usaha dengan kondisi kekinian dan berharap bisa menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat tidak hanya bagi kami, sebab implementasinya yang lebih banyak tahu di lapangan itu bapak Ibu semua. Diharapkan bisa memberikan sharing atau bisa juga dengan teman-teman di sini akan memberikan transfer knowledge,”tukasnya.

See also  Di kantor Makodim 1409 Pengkukuhan PPM Gowa Sukses Digelar

Lebih jauh Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel mengungkapkan kebijakan pemerintah pusat menggalakkan belanja pemerintah menggalakkan produk lokal minimal 40% sehingga menjadi peluang besar buat UMKM bersama Koperasi.

” Karena rata-rata yang punya produk lokal kan UKM dan Koperasi, mari kita rebut peluang ini di pemerintah, jadi belanja pemerintah itu wajib hukumnya saat ini ya wajib hukumnya belanjanya 40% minimal produk lokal,” pungkasnya.

Senada Sukarniaty, kepada media ini Zulkarnain menjelaskan, revolusi industri 4.0 transformasi digitalisasi dari mulai 1.0 sampai saat ini yang memasuki 5.0

“Yang namanya Go Digital semua disentuh secara teknologi dan online tidak perlu kita bersentuhan, medsos itu contoh paling gampang kita lihat dari Sulawesi Selatan ada juga yang jual online. Buatlah produk sesuai keinginan pasar,”singkatnya.

Di penghujung pembukaan, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM menyematkan tanda peserta Forum Group Discussion secara simbolis kepada beberapa peserta. _@ly_