Pensil_Rakyat-Bone | Kamis, 18/03/2021, bertempat di Gedung PKK, Pelatihan Kehumasan dan Pers digelar Dewan Pengurus Daerah Jurnalis Online Indonesia Kabupaten Bone (DPD JOIN BONE) serta dibuka secara langsung Bupati Bone Dr. HA Fahsar M. Padjalangi, M.Si.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Humas Organisasi Perangkat Daerah, Humas TNI, Humas Polri, Organisasi, Perangkat Desa, Mahasiswa dan Pelajar dengan menghadirkan pemateri lainnya.

Selain Bupati, pembukaan pelatihan juga dihadiri Sekda Bone, Kapolres Bone, Kasdim 1407 Bone, Wadanyon Brimob C Pelopor Bone, yang mewakili Ketua Pengadilan Negeri Bone, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Bone, Asisten Bidang Administrasi Umum, Ketua DPW Bergabung dengan Sulsel, Ketua DPD Bergabung dengan Bone, Direktur Pusdiklat JOIN Nasional serta para Pengurus Bergabung di Kabupaten Bone.

Dalam sambutannya, ketua DPW JOIN Sulawesi Selatan, Dr. Arry AS, S. Ikom., SH., MH., CPCE., menyampaikan keberadaan media sangatlah penting namun perlu memperhatikan kaidah atau kode etik jurnalis, apalagi wartawan atau jurnalis online dimanapun berada bisa saja terjerumus kedalam UU ITE.

READ  Ketua PGRI Makassar, Menyatakan Penolakan Status PPPK Guru

“Junalis Online harus memperhatikan koridor yang ada, karena posis jurnalis online ini perlu berhati – hati, diibaratkan kaki yang satu berada di penjara dan satunya lagi diluar penjara,” ungkap Dr. Arry AS.

Sementara Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si menuturkan sangat mengapresiasi Pelatihan Kehumasan dan Media ini, karena di era digital sekarang ini memang sangat dibutuhkan informasi yang akurat dan terpercaya.

“Pelatihan ini tentu akan membuat para peserta memahami teknik-teknik pemberitaan yang sesuai dengan aturan yang ada”

Tentu peserta dari perwakilan organisasi perangkat yang akan menjadi humas atau perpanjangan tangan OPD ke masyarakat dan mampu menyajikan atau merilis informasi-informasi kegiatan yang ada di OPD masing-masing untuk diberikan ke masyarakat.

Bupati Bone juga berharap para peserta yang hadir nantinya bisa menyajikan berita-berita hoax yang ada._@ly_