Makassar, Pensilrakyat  |  Dalam rangka mempersiapkan jurnal untuk dapat terakreditasi nasional, Pengurus daerah Relawan Jurnal Indonesia (PD RJI) Propinsi Sulawesi Selatan selenggarakan Bedah Jurnal persiapan Akreditasi Nasional. Kegiatan dilaksanakan Selasa, 26 Juli 2022 melalui Zoom Meeting. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk melihat kesiapan jurnal dalam mengajukan akreditasi, melakukan perbaikan dan pembenahan pada hal-hal ketentuan dalam akreditasi jurnal.

Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengajuan akreditasi, yaitu sisi manajemen pengelolaan dan kualitas artikel yang diterbitkan sebagai bagian dari indikator standar penilaian dalam proses akreditasi, Ungkap Muh Ilham Bakhtiar selaku Ketua RJI Sulawesi Selatan dalam sambutannya.

Ada 3 Jurnal yang di bedah yaitu Jurnal Pakarena dari Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, Jurnal Jupiter dari Universitas Hasanuddin dan Jurnal Pranata Edu dari Universitas Indonesia Timur, dan dihadiri 26 peserta yang merupakan editor dari ketiga jurnal yang dibedah. Narasumber kegiatan ini yaitu Dr. Ramlan Mahmud, M.Pd selaku Suvervisor RJI Pusat dan Risal Bakri,S.Pd.M.Si selaku Suvervisor RJI Pusat.

See also  Bone Tuan Rumah Ramah, Tuan Rumah Juara

Kegiatan ini akan mengupas tuntas bahkan akan mngoreksi apakah telah sesuai dengan ketentuan penilaian Arjuna (akreditasi Jurnal) ataukah belum, dan langsung dilakukan perbaikan dari kekurangan tersebut, ungkap Dr Ramlan Mahmud,M.Pd dalam sambutannya.

Jurnal Pakarena FSD UNM Makassar mempersiapkan diri untuk Re-Akreditasi Jurnal karena masa akhir periode akreditasi yang saat ini berada di sinta 5 berakhir bulan oktober 2022. Jelas Satriadi,S.Pd.M.Sn selaku editor jurnal pakarena.

Keikut sertaan jurnal kami dibedah memberikan masukan dan saran yang sangat baik, tantangan selama ini di kualitas naskah dan keterlibatan editor dan reviewer dalam memeriksa naskah masih belum berjalan maksimal, termasuk akan segera menjejaki MoU dengan Organisasi profesi, saran saran dari narasumber akan segera kami tindaklanjuti, Lanjut Satriadi yang merupakan Dosen FSD UNM.

Dua jurnal yang akan mengajukan Akreditasi yaitu Jurnal Pranata edu UIT Makassar dan Jurnal Jupiter dari Universitas Hasanuddin. Saat ini Jurnal pranata edu sudah terbit hingga Volume 3 dengan Scope Ilmu sosial dan Ilmu Politik Scope ini perlu di uraikan misalnya menguraikan pada kajian atau rumpun ilmu agar lebih jelas kajiannya dan artikel yang diterima dan diterbitkan perlu memperhatikan kesesuaian dengan scope jurnal jelas Risal Bakri,S.Pd.M.Si ketika memberikan penilaian pada jurnal Prana Edu.

See also  Kehadiran IKM Chocotua di Bantaeng Membawa Semangat Baru Bagi Petani Kakao

Kegiatan Bedah Jurnal merupakan program pusat yang akan rutin dilaksanakan oleh RJI Sulawesi Selatan, kedepan program bedah jurnal akan dilaksanakan 1 kali dalam dua minggu dengan focus utama pada akreditasi jurnal dan indeksasi nasional dan internasional seperti, Garuda, DOAJ dan Scopus. Saat ini Bedah Jurnal di prioritaskan kepada para pengelola jurnal yang berada di Instansi atau perguruan Tinggi di Wilayah Sulawesi Seatan.