LUTRA, Pensilrakyat.com – Bupati Luwu Utara (Lutra), Sulawesi-Selatan (Sulsel), Indah Putri Indriani menajamkan gerakan perang terhadap sampah plastik dan mengajak warga Pramuka di lapangan Desa Tulung Sari Kecamatan Sukamaju, Senin (2/9/2019).

Bupati Lutra Indah dalam sambutannya mengatakan, sebagai pelopor untuk tidak menggunakan produk berbahan plastik pada setiap kesempatan!

Bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara Hari Pramuka ke-58 di lapangan Desa Tulung Sari, Bupati perempuan pertama di Sulsel, Indah Putri Indriani mengultimatumkan terhitung di momen HUT Pramuka ke-58 tersebut warga Pramuka yang memadati areal lapangan Desa Tulung Sari, itu harus melupakan penggunaan produk-produk yang berbahan plastik.

“Mulai hari ini, di momen yang sangat penting ini, dari lapangan Desa Tulung Sari, Kecamatan Sukamaju ini, saya minta kepada warga Pramuka untuk tidak  lagi menggunakan produk-produk berbahan plastik.

Mulai hari ini! Kita menolak menggunakan hal itu, baik di setiap kegiatan kepramukaan maupun kegiatan pribadi anggota pramuka, di mana saja dan kapan saja! Pasti di kegiatan ini banyak sampah plastik seperti kemasan air mineral entah botol, entah dalam bentuk gelas dan jenis plastik lainnya. Tidak boleh ada lagi itu,” tegasnya.

READ  Kaji Motor RT, DPRD Pertemukan Bakormas Dan Kepala Desa Kabupaten Barru

Cara menghentikan sampah plastik adalah dengan cara tidak lagi menggunakan atau mengkonsumsi makanan maupun minuman yang terkemas dalam kemasan yang berbahan plastik,’ urainya.

Saya minta anggota Pramuka Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara untuk menjadi pelopor. Tidak menggunakan itu lagi,’ paparnya.

Menurut Bupati Indah, sembari mengisahkan problematik sampah yang sedang mendera bangsa Indonesia saat ini.

” Sementara itu, Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Luwu Utara, Muslim Muhtar sangat mengaku bahagia dan senang, karena upacara HUT Pramuka ke-58 ini, berjalan lancar berkat sinergitas serta berkolaborasi dengan seluruh stakeholder.

Kemudian, Muslim Muhtar selaku Kepala BPBD Lutra menjelaskan Saka Pramuka dari Saka Bhayangkara, Bahari, Bhakti Husada, Dirgantara, Kencana, Taruna Bumi, Wanabhakti, Bina Sosial, Pandu Wisata dan Saka Kalpataru.

Hadir dalam upacara HUT Pramuka ke-58 tersebut adalah, Sekda Lutra Tafsil Saleh, Kajari Lutra Indawan Kuswadi, Kepolisian, para Kepala perangkat daerah, anggota Pramuka Siaga(SD), Penggalang(SMP), Penegak(SMA) dan Pandega(Mahasiswa), Kades Sukamaju Muh Jannatu, para Kades yang hadir terutama Kades Tulung Sari.(***)

READ  Analisa Bisnis Patimbang Bulaeng : 'Ekonomi Indonesia Normatif Dan Baik-Baik Saja'