Bantaeng, Pensilrakyat.com –  Anggota DPR RI, Azikin Solthan membuka bimbingan teknis program pekarangan pangan lestari di Hotel Seruni, Selasa 11 Oktober 2022. Bimbingan teknis ini digelar dalam rangka untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) kelompok wanita tani yang ada di Bantaeng.

Ratusan peserta dari puluhan kelompok wanita tani hadir dalam kegiatan itu. Dalam kesempatan itu, legislator partai Gerindra ini menyebut jika peningkatan SDM untuk wanita tani di Bantaeng perlu dilakukan yang akan berujung pada peningkatan produksi pertanian di Bantaeng.

Dia mengaku, program Bimtek ini adalah program yang datang dari pemerintah pusat berdasarkan dari aspirasi masyarakat. Dia mengaku telah memperjuangkan aspirasi ini ke kementerian Pertanian untuk mendorong peningkatan SDM wanita tani di Bantaeng.

“Saya berusaha memperjuangkan Bimtek ini agar bisa digelar di semua wilayah di Daerah Pemilihan (Dapil) saya. Mulai dari Selayar, Bantaeng, Jeneponto, Takalar, Gowa dan Makassar,” jelas dia.

Melalui Bimtek ini, Azikin Solthan juga melakukan komunikasi secara langsung dengan wanita kelompok tani di Bantaeng. Dia menyerap aspirasi kelompok petani ini. Mulai dari kebutuhan permodalan, hingga kebutuhan infrastruktur.

See also  Adnan Purichta dan Kepemerintahannya Terpopuler di Media Digital "Ajang AHI 2022" di Malang

“Saya juga akan berusaha untuk mendorong adanya bantuan modal usaha bagi kelompok petani pekarangan pangan lestari ini melalui pemerintah daerah,” jelas dia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bantaeng, Rahmaniar memberikan apresiasi atas perhatian anggota Komisi IV DPR RI, Azikin Solthan terhadap kelompok wanita tani di Bantaeng. Dia menyebut, perhatian DPR RI di sektor pertanian ini sangat baik sehingga banyak aspirasi masyarakat yang terwujud berkat perjuangan Azikin Solthan di parlemen.

“Kita semua bisa merasakan manfaat Bimtek ini berkat peran orang tua kita di Parlemen, bapak Azikin Solthan,” jelas dia.

Dia menambahkan, peningkatan SDM kelompok Wanita Tani di Bantaeng sangat perlu dilakukan. Menurutnya, Bantaeng memiliki potensi pertanian pekarangan yang cukup besar untuk dimanfaatkan.

“Potensi ini perlu ditingkatkan untuk mendukung program-program pemerintah Kabupaten,” jelas dia.(*)