Jeneponto, Pensilrakyat.com
Ketua Forum Massa Kabupaten Jeneponto Syarifuddin Sitaba mendapat amanah sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia ( BAIN HAM RI ) Kabupaten Jeneponto.

Hal tersebut sesuai Surat Keputusan yang di keluarkan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) BAIN HAM RI Sulawesi Selatan pada 1 September 2019 yang di bacakan oleh Sekretaris Umum Amin Rais, SH.

Ketua Umum DPW BAIN HAM RI Sulawesi Selatan Djaya Jumain, mengatakan, “Ketua DPD BAIN HAM RI se-Sulawesi Selatan wajib di pimpin oleh seseorang yang bernyali besar dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak di ragukan lagi.

“Memang yang diharapkan menjadi sosok ketua atau pemimpin dalam suatu lembaga/organisasi adalah seseorang yang harus mampu SDM-nya, karena kedepannya, mereka akan diperhadapkan dengan berbagai advokasi permasalahan hukum  sesuai dengan tupoksi BAIN HAM RI, yakni Advokasi,Investigasi dan perlindungan hak asasi manusia, ” jelas Bang Djaju sapaan akrabnya.

Sementara itu, Pelantikan Pengurus DPD BAIN HAM RI Kabupaten Jeneponto yang disaksikan oleh Ketua Umum DPP BAIN HAM RI, DR. Muhammad Nur, SH. MH, Bupati dan Wakil Bupati Jeneponto serta muspida lainnya dan beberapa pengurus DPW serta DPD dari beberapa daerah lainnya.

READ  KADES Bontoala, Seru Warganya Ciptakan Lingkungan Bebas Sampah Plastik

Pada kesempatan itu, Ketua Umum DPP BAIN HAM RI, DR.Muhammad Nur, SH. MH, menegaskan, perjuangan DPD BAIN HAM RI Kabupaten Jeneponto tidak berakhir pada acara seremoni saja tetapi harus melebarkan sayap perjuangan untuk masyarakat di seluruh pelosok desa sesuai dengan tupoksi BAIN HAM RI.

“Kami berharap agar kedepannya mampu mengawal terwujudnya Pemerintahan yang bersih (clean of governoons) di Kabupaten Jeneponto terkait tindak KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme ), sehingga kita bersama dapat merasakan pemerintahan yang bersih serta berkeadilan, “tegasnya.

Ia juga menambahkan, bahwa BAIN HAM RI hadir di Jeneponto bukan sebagai lawan ataupun musuh pemerintah daerah, kehadiran kami
adalah mitra kerja dalam hal Sosial Kontrol (agen of control) dari semua aspek dan intinya kehadiran BAIN HAM RI sebagai mitra yang baik, “ujarnya.

Sementara itu Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dalam sambutannya mengatakan, “kehadiran BAIN HAM RI di Kabuapten, tentu akan membantu mendorong pembangunan pemerintahan yang bersih dan bebas dari unsur KKN di Jeneponto, serta berharap dapat mengawal setiap kebijakan yang dijalankan oleh pemerintah.

READ  Meski Siswa Diliburkan, Guru dan Staf Admin SMP N 15 Makassar Eksis Ngantor

“Olehnya saya berharap, mari kita bersinergi dalam membangun daerah ini dan jangan hanya sekedar pelantikan saja, namun ditunggu tanggungjawab BAIN HAM RI dalam mengawal dan mendorong pembangunan di Jeneponto, “harap Iksan sembari mengucapkan Selamat Bekerja kepada semua pengurus yang dilantik dan semoga kedepannya BAIN HAM RI bisa bersinergi dengan baik, “tutup Iksan (*)