Gowa, Pensilrakyat.com – Pejabat kepolisian baru di wilayah hukum Polres Gowa , AKBP Boy Fs Samola Sik MH, bertemu dengan sejumlah Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Budaya Kabupaten Gowa sambil menikmati kopi buatan New Tosil malam tadi, Selasa (10/12/2019).

Kapolres Gowa AKBP Boy Fs Samola SIK. M.H., bersama Kapolsek Sombaopu, Kompol Syafei Rivai ngopi bareng dihadiri beberapa tokoh adat budaya yang tau jelas dan paham akan sejarah budaya Kabupaten Gowa.

Dalam pertemuannya dihadiri beberapa tokoh adat, sekaligus pemerhati budaya, salah satunya Ahmad Pidris Zain, tokoh sekaligus narasumber pemerhati adat.

Bersama itu dihadiri bapak HM  Yunus Rivai Dg. mile, Kr. Anak Moncong , “dihadiri juga salah satu pemerhati adat Drs. Hatta Hamsyah M.M., Puang Gajang, Kr. Bori sallo,

“Ketiga tokoh adat dan budaya gowa yang hadir dalam kunjungan silaturahmi ini, kepada media, bercerita banyak tentang sejarah masa lalu Kabupaten Gowa dan  bagaimana gambaran Kabupaten Gowa yang akan datang, “ujarnya.

Ditempat yang sama, puang gajang Kr. Bori Sallo juga menambahkan, “bahwa saat ini kabupaten gowa sudah menampakkan jatidiri yang sesungguhnya, walau perlahan namun pasti perubahan sudah mulai terlihat jelas, ungkapnya.

READ  Bhabinkamtibmas Polsek Somba Opu-Gowa, Bertekad Berantas Pungli Bersama Warga Binaannya

“Masih ditempat yang sama, HM Yunus Rivai Dg. Mile Kr. Anak Moncong yang juga salah satu tokoh adat dan budaya sejarah Kabupaten Gowa, beliau pun sedikit memaparkan tentang silsila dan susunan pemangku pemerintahan kerajaan masa lalu , Dg. Mile. Kr. Moncong juga banyak mengisahkan cerita gelar “gallarrang” Adat Mangkasara yang sesungguhnya.

Sementara itu, Kapolsek Sombaopu, Kompol Syafei Rivai, mengatakan, ‘kami sangat senang ngopi sambil dihadiri beberapa pemerhati adat dan budaya, tiada lain tujuan kami, ‘bagaimana agar kami selaku pengayom masyarakat mengedepankan sifat “sipakatau, sipaka labbiri dan mempererat silaturahmi, “tuturnya.

Tak ketinggalan pula Kapolres Gowa, AKBP Boy F Samola SIK. M.H., menyampaikan, “bahwa sangat adem rasanya dikunjungi dan mengunjungi, sambil ngopi bersama tokoh-tokoh adat  budaya masayarakat Gowa sebagai wujud kebersamaan serta dapat menambah wawasan kami sekaligus pemahaman terkait adat budaya yang ada di Kabupaten Gowa, baik yang sifatnya sejarah masa lampau maupun Gowa kedepannya, dengan harapan bersama akan jauh lebih indah lagi, “harapnya.
.

READ  Gelar Opstin, Satlantas Polres Gowa Kembali Tilang Sejumlah Pengendara

Tidak salah jika ada pepatah mengatakan, “Tak Kenal Maka Tak Sayang”, dan ini merupakan kewajiban saya selaku warga baru sebagai Kapolres di Gowa untuk lebih dekat dengan tokoh agama adat dan budaya serta berbaur dengan masyarakat di wilayah hukum Kabupaten Gowa, “imbuhnya.

Kapolres gowa AKBP. Boy Fs Samola SIK. M.H., tak lupa pula mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap pemerhati adat dan budaya Kabupaten Gowa yang sudah menyempatkan waktu untuk dapat ngobrol dan ngopi bareng bersama saya, sekaligus bercerita tentang sejarah budaya masa lampau Kabupaten Gowa, “pungkasnya. (*)