Karawang Barat, Pensilrakyat.com  – Dharma Wanita Persatuan (DWP) yang merupakan salah satu organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia turut memegang andil serta peran dalam pembangunan di Tanah Air. Untuk bergerak bersama mewujudkan keluarga bahagia dan sejahtera.

Kali ini, Pengurus DWP Pusat berkolaborasi dengan Dukcapil Kemendagri, Provinsi Jabar dan Kabupaten Kerawang melaksanakan kegiatan layanan administrasi kependudukan (Adminduk) di Kabupaten Karawang, Selasa (22/11/2022).

Kolaborasi ini dilaksanakan di Desa Parungsari yang merupakan desa binaan DWP Pusat dan dihadiri langsung oleh Ketua III DWP Pusat, Ninuk Triyanti Zudan, mewakili Ketua Umum DWP Pusat Erni Tjahjo Kumolo.

“Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Desa dan jajarannya serta seluruh masyarakat Desa Parungsari atas suksesnya kegiatan hari ini bersama DWP Pusat dan DWP Karawang,” tutur Ninuk sembari mengacungkan jempol.

Dalam kesempatan itu, Ninuk turut menyerahkan hasil pelayanan Adminduk berupa Identitas Kependudukan Digital (IKD), Kartu Keluarga (KK), KTP-el, Akta Kelahiran, KIA, Akta Kematian dan Surat Keterangan Pindah (SKP) kepada seluruh masyarakat mulai anak-anak, dewasa, lansia, hingga bagi penyandang disabilitas.

See also  Kolaka - Kolaka Utara PSBB, BPTD Sultra Jamin Transportasi Darat Aman

Rincian dokumen kependudukan yang telah diterbitkan di antaranya adalah 28 IKD, 46 KTP-el pemula, cetak 190 KTP-el karena perubahan data, rusak dan hilang, cetak 578 KIA, 101 KK, 75 Akta Kelahiran, 9 Akta Kematian dan 1 SKP. Total sebanyak 1.028 dokumen kependudukan dilayani.

“Kami berharap hal seperti ini dapat dilaksanakan di seluruh Desa Binaan di Indonesia. Sebagai implementasi kehadiran negara dan pemerintah untuk mewujudkan masyarakat desa yang sejahtera sehat berpendidikan cukup dan terpenuhi hak-hak sipilnya sebagai warga negara,” pungkas Ninuk.

Kadis Dukcapil Kabupaten Karawang, Bambang Susetyo, juga hadir turut memberikan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada Kades Parungsari.

“Ini adalah hasil layanan jemput bola dari sekolah-sekolah pada bulan Oktober 2022 di Desa Parungsari untuk menunjang implementasi program KIA oleh Bupati Karawang untuk permudah urusan anak serta diskon layanan publik dan tempat wisata bagi anak-anak,” jelas Bambang.

Acara dilanjutkan dengan rangkaian Tim DWP Pusat meninjau hasil UMKM, kegiatan anak-anak di stand Gramedia, penanaman pohon buah produktif dan peninjauan layanan posyandu, PAUD dalam rangkaian sosialisasi untuk bina kesehatan keluarga dan penangulangan stunting.

See also  Relawan Punggawa Konteks Usai Gelar Baksos Dan Layanan Kesehatan Gratis

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh di kesempatan lain juga menuturkan bahwa layanan adminduk harus dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat. Sebab dasar setiap layanan publik berbasis dokumen kependudukan.

Hal ini senada dengan harapan Mendagri Tito Karnavian agar jajaran Dukcapil dapat terus bekerja keras dan memberikan layanan sepenuh hati demi membahagiakan masyarakat. Dukcapil. (*)