Pensil Rakyat | Pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Indonesia Timur tidak terlepas peran serta dan kolaborasi mitra dalam mengimplementasikannya.

Memperluas jaringan antar perguruan tinggi baik swasta maupun perguruan tinggi negeri, pemerintah serta dengan industri merupakan upaya-upaya yang dilakukan.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) UIT telah menginisiasi terjalinnya kemitraan dengan mitra kerja sama melalui kegiatan Penandatanganan Kerja Sama (MoA) dengan Fisip Universitas Jember dan dilanjutkan dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Program Studi.

Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berlangsung Dalam Jaringan (Daring), Selasa, 08/06/2021.

Berdasarkan pantauan media ini, penandatanganan melalui daring yang digelar. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (Fisip) Universitas Indonesia Timur (UIT) dihadiri Dekan Fisip UIT Dra. Nani Harlinda Nurdin, M.Si bersama Wakil Rektor I dan Wakil Rektor IV Zulkarnain Hamson, S.Sos., M.Si., serta beberapa Kepala Program Studi dan sivitas akedemi lainnya. Sementara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (Fisip) Universitas Negeri Jember (Unej) dihadiri Dekan Fisip UnejUnej Dr. Djoko Purnomo, M.Si., bersama Ketua Tim MBKM Dr. Hari Karyadi, S.E., M. SA., Ak., serta Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Dr. Selfi Budi Helpiastuti, M.Si., dan sivitas akademi lainnya.

READ  PMI Rappocini Tumbuhkan Partisipasi Pendonor Melalui Sektor Pendidikan

Dalam bahasan, kedua belah pihak akan melaksanakan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Kuliah Umum, Pertukaran Dosen, Pertukaran Mahasiswa, Pembimbingan bersama untuk mahasiswa, Penguji Mahasiswa.

Juga dalam pengelolaan Jurnal yang dimiliki para pihak dapat dilakukan pertukaran editor, pertukaran reviewer, pertukaran naskah ilmiah hasil riset.

Adapun ruang lingkup kerjasama yang dipaparkan meliputi pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen mengajar, kolaborasi seminar/webinar, kolaborasi penelitian dan pengabdian pada masyarakat, kolaborasi dalam hal publikasi baik itu penerbitan artikel, editor maupun reviewer).

Pelaksanaan kegiatan tersebut segera dilaksanakan dalam semester genap 20/21 serta pertukaran mahasiswa dan dosen mengajar akan dilaksanakan pada semester ganjil 21/22 berhubung semester genap akan segera berakhir.

“Kami menyambut baik kerjasama kemitraan ini karena inilah pertama kalinya program MBKM diluar pulau dan bermitra dengan salah satu perguruan tinggi negeri yang mempunyai reputasi yang dilaksanakan oleh institusi kami. Dan juga pertama kalinya di Sulawesi bahkan di Kawasan Timur Indonesia, ” pungkas Nani Harlinda.

Ditemui setelah penandatanganan, Nani membeberkan bahwa,” terlaksananya kegiatan ini juga sangat membantu dalam memenuhi salah satu Indikator Utama (IKU) Perguruan Tinggi. hal lain dengan terjalinnya kerja sama ini adalah memberikan hak mahasiswa untuk mendapatkan kesempatan belajar seluas-luasnya diluar prodinya, “ulasnya.

READ  Putera Sampoerna Foundation Bakal Beri Beasiswa Guru di Gowa

“Kami juga sangat bersyukur karena dengan adanya kebijakan MBKM ini tidak ada lagi sekat antara PTS dan PTN untuk melakukan kegiatan dalam rangka mencerdaskan anak bangsa dan mencetak SDM Unggul. Kami mengucapkan terima kasih kepada Dekan Fisip Universitas Jember beserta seluruh jajarannya yang telah memberikan kesempatan kepada kami mewujudkan kemitraan ini, “ucapnya.

“Harapan kami, hal ini bisa berlanjut pada penandatanganan MOU agar fakultas lain pun dapat berpartisipasi,” tutupnya. _@ly_