Pensil Rakyat, Makassar – Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah menggelar latihan gabungan se kecamatan Tamalate Makassar di kompleks Perguruan Al Hidayah Makassar, ahad 06/11/2022 dimulai dari pukul 08.00 sampai 10.30 Wita.

Pembina Tapak Suci Cabang Parang Tambung,SMK Pratidina, Ketua Tapak Suci Cabang Maccini Sombala, Pelatih Tapak Suci Cabang Parang Tambung dan Maccini Sombala berfoto bersama Kepala Sekolah MA Al Hidayah Makassar

Hadir dalam kegiatan latihan gabungan Tapak Suci se Kecamatan Tamalate antara lain Kepala Sekolah MA Al-Hidayah Makassar Muh. Ali Kham, M.Pd.I, Pembina Tapak Suci Cabang Parang Tambung Rahman Rumaday, S.I.Pem, Pembina Tapak Suci Cabang SMK Pratidina Hermawan L. P.Ma (Pendekar Muda), Ketua dan Pengurus Tapak Suci Cabang Maccini Sombala Rachmat Tumengkol,SE, Sadrianah, S.Pd.I, Erni, Pelatih Tapak Suci Cabang Parang Tambung dan Maccini Sombala Hermanto, Pelatih Kepala SMK Pratidina Janwar, Pelatih Tapak Suci Cabang SMA Muhammadiyah Wilayah Muhammad Ali Nur, Pelatih Tapak Suci Cabang UIN Alauddin Makassar Muh. Arham Saputra dan para siswa-siswi Tapak Suci Cabang Parang Tambung, Maccini Sombala, SMK Pratidina dan SMA Muhammadiyah Wilayah.

Acara pertama diawali dengan upacara pembukaan latihan secara tradisi yang diikuti oleh seluruh siswa dari 4 cabang/unit latihan, Para Pendamping, Pembina dan Pelatih dari masing-masing perwakilan cabang latihan se kecamatan Tamalate.

Pembukaan secara tradisi Tapak Suci dipimpin oleh pelatih cabang Parang Tambung dan Maccini Sombala Hermanto, SE penyandang kader kepela dan di ikuti oleh para kader/pelatih lainnya.

See also  Aksi Tolak Rizieq Shihab Digelar Aliansi Lingkar Aksi Masyarakat Sulsel

Setelah pembukaan secara tradisi, sambutan dari Ketua Yayasan Al- Hidayah Makassar yang diwakili oleh Kepala Sekolah Madrasah Aliyah (MA) Muh. Ali Kham, M.Pd.I, dalam sambutannya latihan gabungan ini, kami dari pihak Yayasan Al-Hidayah dan sangat mendukung Latihan Gabungan ini, yang mana akan memberikan pengalaman baru bagi kami kedepan untuk mengembangkan beladiri di lingkup sekolah Al-Hidayah.

Saya atas atas nama pribadi dan Yayasan Al-Hidayah Makassar mengucapkan selamat datang kepada para siswa Tapak Suci yang sempat hadir dalam kegiatan latihan gabungan ini, semoga tempat ini bisa menjadi tempat referensi untuk latihan bersama selanjutnya.
“Insya Allah dalam waktu dekat kami juga berencana membuka latihan Tapak Suci di Kompleks Al- Hidayah Makassar, karena sesungguhnya jauh sebelum kami hijrah ke Kota Makassar saya sudah pernah berlatih Tapak Suci”

Lanjut Ali Kham, Tapak Suci adalah Perguruan silat yang pernah mambesarkan saya, dan saya merupakan kader Muhammadiyah, olehnya itu saya selaku kader Muhammadiyah merasa berkewajiban mengembangkan beladiri Tapak Suci ini sebagai salah satu Ortom di Perserikatan Muhammadiyah.

Selanjutnya saya sampaikan terima kasih kepada Pak Hermanto dan Pak Rachmat Tumengkol yang sudah menginisiasi memfasilitasi terselenggaranya latihan gabungan Tapak Suci se kecamatan Tamalate di Kompleks Al-Hidayah Makassar sehingga secara tidak langsung mempromosikan rencana pembentukan cabang/unit latihan baru. Semoga kedepan akan lahir kader-kader Tapak Suci yang berkemajuan di tempat ini. Ujar Muh. Ali Kham

See also  Toddopuli Indonesia Bersatu Serukan Sinergitas Bersama Pemerintah Tingkatkan PAD

Ditempat yang sama Rachmat Tumengkol, SE merupakan ketua Tapak Suci Cabang Maccini Sombala sekaligus Inisiator terlaksananya kegiatan latihan gabungan Tapak Suci se kecamatan Tamalate, kepada media menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi adek-adek siswa dan para kader Tapak Suci dari ke 4 cabang yang hadir diantaranya cabang Parang Tambung, cabang Maccini Sombala, Cabang SMK Pratidina dan Cabang SMA Muhammadiyah Wilayah.
Latihan gabungan seperti ini seharusnya memang kita galakkan untuk bagaimana membangun silaturahim sesama siswa dan Kader Tapak Suci, dengan adanya latihan gabungan kita saling mengenal satu sama lainnya.
“Saya sendiri sudah banyak adek-adek kader yang sudah tidak saya kenal karena rata-rata yang aktif sekarang adalah kader-kader muda, letting-letting saya dulu sepertinya banyak juga yang sudah tidak turun melatih lagi, nah dengan latihan gabungan seperti ini kita semua bisa saling mengenal dari berbagai generasi usia. Ungkap Rahmat Tumengkol.
Senada dengan itu Hermanto sebagai pelatih Tapak Suci Cabang Parang Tambung dan Maccini Sombala menyambut baik adanya kegiatan latihan gabungan Tapak Suci. Ini merupakan wadah untuk saling memperkuat jalinan silaturahmi antar anggota Tapak Suci.
Adapun agenda dalam latihan gabungan ini adalah bagaimana kita sama-sama memperdalam keilmuan beladiri khususnya materi ragawi setiap tingkatan siswa. Bagaimana menurunkan materi materi ragawi ke siswa Tapak Suci sebagai salah satu upaya untuk mewariskan keilmuan Tapak Suci kepada generasi yang akan datang.
“Dengan demikian kita bisa saling berbagi ilmu antara satu kader/pelatih ke kader/pelatih yang lainnya, dari satu cabang ke cabang lainnya, mungkin dalam setiap perjalan selama berTapak Suci banyak pengalaman bisa kita saling berbagi di latihan gabungan seperti ini serta banyak hal lain yang mungkin bisa kita lakukan untuk kemajuan Perguruan Tapak Suci kedepannya.
Latihan gabungan ini insya Allah akan kita rutinkan, apakah sekali dalam sebulan atau sekali dalam dua bulan, nanti kita bersama-sama para kader/pelatih untuk mengatur jadwalnya, mengenai tempat akan kita gilir setiap cabang latihan yang ada di kecamatan Tamalate, dan tidak menutup kemungkinan kita ke tempat-tempat lainnya seperti Pantai, daerah gunung atau destinasi wisata lainnya. Tutup Pria yang akrab disapa Ka’Anto.

See also  Ansor dan Banser Tegaskan Dukung Pelaksanaan G20 

Diakhir kegiatan latihan gabungan ini ditutup dengan upacara penutupan secara tradisi dipimpin oleh kader dengan ketingkatan paling Tinggi, setelah upacara penutupan para siswa-siswi diarahkan untuk membersihkan tempat latihan dari sampah-sampah bekas minuman air mineral.