Gowa, Pensilrakyat.com – Sejatinya suatu perjalanan atau ekspedisi dalam melakukan misi tertentu, pastinya rintangan seberat apapun takkan menjadi penghalang sebelum mencapai suatu tujuan yang sudah terencana matang dengan mempertimbangkan berbagai hal.

Seperti halnya misi yang diemban oleh Tim Relawan Punggawa Konteks dalam melakukan aksi rutinnya disetiap akhir pekan (Minggu-red), untuk melakukan pelayanan kesehatan gratis di daerah atau wilayah Kabupaten Gowa yang membutuhkannya selaku komunitas tenaga kesehatan, kendatipun harus melalui jalur jalan yang cukup ekstrim, seperti dalam kunjungannya baru-baru ini di Dusun Patuku Desa Parigi Kecamatan Tinggi Moncong Kabupaten Gowa, Sabtu (19-20/12/2019).

Muh. Sahir selaku Ketua yang juga pendiri Komunitas Tenaga Kesehatan (Punggawa Konteks), kepada media ini, mengatakan, bahwa perjalanan misi kali ini sangat begitu berbeda jalurnya dengan giat-giat sebelumnya di daerah lainnya dan sedikit menantang medannya, sembari terlihat meringis.

Lanjut disampaikan, selain harus melalui jalur atau medan jalan yang cukup sulit tanpa beraspal juga berlumpur, tim relawan Konteks juga diperhadapkan oleh kondisi lokasi atau daerah giat baksos yang belum ada penerangan listrik, karena terkendala oleh medan jalan yang masih sulit dilalui kendaraan biasa, kecuali dengan jalur of road,” ucapnya dengan sesekali terlihat bergidik membayangkan ekspedisi berat yang dilaluinya.

READ  Akhirnya Duo Aktivis LSM Menerima Penjelasan dan Klarifikasi Dinkes Makassar Terkait Pemberitaan IPAL di 18 Puskesmas

Dalam giat baksos kali ini, menurut Muh. Sahir, selain dari kami selaku Tim Punggawa Konteks, juga kami menggandeng teman-teman dari komunitas mobil landcruiser dari Makassar (LCM) dengan menumpangi kendaraan mereka dan berangkat atau star dari kantor Dinkes Gowa pada hari Sabtu lalu sekira jam 14:30 dengan melalui medan berat menantang menuju Dusun Patuku Desa Parigi Kecamatan Tinggi Moncong Kabupaten Gowa, akhirnya kami pun tiba malam sekira pukul 21:00, WITA.

Dan setibanya kami di lokasi, masyarakat yang menyambut pun langsung kami layani dengan pemeriksaan kesehatan secara gratis berbekal penerangan mesin genset yang telah tim siapkan sebelumnya,” terang Muh. Sahir.

Ia menambahkan,” bahwa selain menjalankan misi pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis, para Tim Relawan Punggawa Konteks juga berinisiatif memberi bantuan lain, yakni,; pemberian berupa mesin genset untuk pemakaian di masjid warga, juga bantuan sembako dan beberapa pakaian bekas layak pakai yang dikumpul dari para tim relawan secara sukarela untuk diberikan kepada warga di Dusun Patuku,” tutup Muh. Sahir sambil berucap terimakasih untuk para teman-teman relawan dan komunitas LCM. (DPr)

READ  Peduli Warganya, Lurah Romang Polong Turun Tangan Perangi Penyebaran Covid19