GOWA, Pensilrakyat.com – Pemerintah Kabupaten Gowa dianggap berprestasi dalam mengelola manajemen pemerintahannya hingga kembali diapresiasi oleh Kementrian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI) atas keberhasilannya mempertahankan gelar opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berdasarkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018.

Wujud apresiasi tersebut diberikan dalam bentuk piagam penghargaan dan plakat yang diserahkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah bersama Kepala Perwakilan Kementrian Keuangan Prov Sulsel, Anugrah Komara kepada Wakil Bupati Gowa pada acara seminar dalam rangka memperingati Hari Oeang (Hori) ke-73, di Aula Balai Diklat Kementrian Keuangan Makassar, Selasa (29/10).

Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah yang berhasil menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2019, dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian dan penghargaan berupa plakat yang diberikan kepada Pemerintah Daerah yang berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Lima Tahun berturut-turut dalam menyajikan dan menyusun Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

H. Abd Rauf Malaganni Karaeng Kio’ selaku Wakil Bupati Gowa, menyampaikan, bahwa penghargaan ini merupakan penghargaan kali kedua yang telah diberikan oleh Kementrian Keuangan RI setelah pada tahun 2016 lalu, gelar Opini WTP yang kelima kita juga dapat raih.

READ  DPP L-KONTAK Kembali Pertegas Akan Melaporkan Beberapa Kegiatan Penunjukan Langsung Sekda Wajo

Menurutnya, penghargaan ini tidak terlepas dari kerja keras tim seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menciptakan sistem pemerintahan yang baik dan transparansi dalam mengelola keuangan daerah.

“ Ini merupakan hasil kerja tim seluruh SKPD yang dikoordinasi bersama pimpinan, semoga penghargaan yang diraih hari ini tidak membuat kita terlena dan justru harus sebaliknya, untuk lebih meningkatkan lagi kinerja kita dalam menyajikan dan menyusun laporan keuangan daerah secara lebih baik dan transparan, “ujar Wabup Gowa.

Sementara itu Gubernur Nurdin Abdullah, dalam sambutannya mengatakan, jikalau kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat berharga sekali, sebab melalui ajang ini kita dapat berkoordinasi dan berkolaborasi, baik dengan pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten/kota.

Lanjut Ia sampaikan, dengan penuh rasa bangga dan senang karena pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan beserta beberapa Kabupaten/Kota di Sulsel telah berhasil mendapatkan penghargaan dari Kemenkeu RI atas hasil Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dengan Opini WTP, “ujarnya.

Pengelolaan APBD bukanlah perkara muda apalagi postur anggaran kita terbatas.

READ  Perdana, BAIN HAM RI Launching Logo Departemen, Baju dan Sayap Organisasi

” Kami melihat provinsi ini merupakan perwakilan pemerintah pusat, tidak ada gubernur yang hebat, yang hebat itu para bupati dan walikota, karena memang kita ini hanya perpanjangan tangan pusat dan tentunya kita ini menjadi suporting bagi seluruh daerah, tinggal sekarang bagaimana menyusun strategi serta memperbaiki sistem dalam berkolaborasi, “tambah Gubernur Sulsel.

Sekadar untuk diketahui bahwa selain Kabupaten Gowa, penghargaan ini juga diberikan kepada 19 Kabupaten/Kota di Sulsel, yakni, ; Kabupaten Maros, Pangkep, Enrekang, Barru, Toraja Utara, Soppeng, Luwu Utara, Sidrap, Bone, Luwu, Makassar, Sinjai, Palopo, Pinrang, Bantaeng, Selayar, Bulukumba, Luwu Timur, dan Wajo, “pungkasnya. (*)