Makassar, Pensilrakyat.com – Aksi sosial penyemprotan disinfektan dilakukan Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kota Makassar bersama Asosiasi Usaha Hiburan Makassar (AUHM) pada hari ke lima dan ke enam, menyisir ratusan rumah warga dibeberapa RT/RW di Kecamatan Wajo dan Kecamatan Ujungpandang.

Seperti pada hari sebelumnya, selain melakukan penyemprotan disinfektan, kolaborasi dua organisasi ini juga melakukan edukasi hidup sehat terhadap warga sekitar yang menjadi lokasi aksi, sekaligus mempraktekkan langsung cara membuat cairan disinfektan yang bisa digunakan langsung oleh para RT/ RW untuk kepentingan warganya.

Ketua AUHM, Zulkarnaen Ali Naru kepada media ini mengatakan, pada aksi sosial hari ke lima dan enam, ada dua kecamatan yang dijadikan lokasi edukasi dan penyemprotan, yakni Kecamatan Wajo dan Ujungpandang.

“Dari dua kecamatan ini, kami baru bisa menghandle dua kelurahan yaitu Malimongan Tua (Wajo) dan Pisang Utara (Ujungpandang). Mudah-mudahan sesuai jadwal yang telah kami susun, bisa merealisasikan minimal 3 kelurahan dalam tiap kecamatan. Itupun berdasarkan permintaan dari tiap RT dan RW mereka,” ungkap Zul.

READ  Program Advokasi Warga, Ketua DPD PANI Makassar Bergabung di DPP BAIN HAM RI

Sementara Ketua JOIN Makassar, Sabri menambahkan bahwa dalam aksi mereka kali ini, sengaja menyelipkan kegiatan edukasi hidup sehat kepada warga selain melakukan penyemprotan ke rumah-rumah, agar upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona ini bisa lebih efektif terlaksana.

“Untuk aksi ke warga, menurut kami, penyemprotan disinfektan juga harus dibarengi dengan upaya untuk mengedukasi mereka tentang bagaimana hidup sehat dan bahaya penyebaran virus corona ini. Biar lebih efektif. Dari kegiatan ini pula, sekaligus kami mempraktekkan langsung cara pembuatan disinfektan yang murah dan mudah didapatkan,” jelasnya. (*)