Sulbar, Pensilrakyat.com – Percepatan pendaftaran varietas lokal Provinsi Sulawesi Barat. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sulawesi Barat yang bekerjasama dengan Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) Mengajukan Formulir Pendaftaran untuk beberapa varietas lokal yang dimiliki Kabupaten Mamasa.

Diawali Koordinasi dengan Kepala Dinas Pertanian Mamasa dan Kepala Bidang Tanaman Pangan dalam upaya pelestarian dan pengembangan Sumber Daya Genetik Lokal yang akan di daftarkan. Kamis, 19 September 2019.

Penandatanganan formulir pendaftaran Kabupaten Mamasa dilakukan Bupati Dr. H. Ramlan Badawi, MH. didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mamasa, Ir. Mambu, MT.

Menurut Ir. Mambu, Varietas yang akan didaftarkan untuk Kabupaten Mamasa sebanyak 10 varietas  lokal yaitu Talas lokal (Upe) 4 varietas yaitu Upe Lotong, Upe Bqbo, Upe Riri, dan Upe Busa; Padi (Pare) lokal 2 varietas yaitu Pare Uban dan Pare Sassan; Anggrek Lokal 4 varietas yaitu Anggrek Bulbophyllum Tondokbakaru, Bulbophyllum Inuncthum,  Bulbophyllum Rugossum dan Trichotosia Tondokbakaru, “ujarnya.

Selain itu kata Ir. Mambu, “Bupati Mamasa pun sangat merespons dan memberi apresiasi yang tinggi kepada Balitbangtan telah berupaya melakukan identifikasi dan karakterisasi SDG lokal untuk Kabupaten Mamasa, serta akan ditindaklanjuti dengan pendaftaran secara online oleh Pemerintah Daerah, “jelasnya.

See also  Antisipasi Bencana, Kapolres Gowa Ajak Warga Bantaran Sungai Je'neberang Tingkatkan Kesiagaan Dini

Sebagai tindak lanjutnya, Bupati Mamasa langsung merekomendasikan Dinas Pertanian Mamasa untuk segera melakukan pendaftaran secara online dan pengembangan terhadap varietas lokal yang dimaksud melalui BPP yang ada di setiap wilayah Mamasa, “tutupnya. (*)