Makassar, Pensilrakyat.com – Pelatihan jurnalis bersama akademisi yang digelar Sabtu, 07/09/2019 di ruang kampus 5 Universitas Indonesia Timur diakses dengan baik oleh Rektor UIT, Dr. Andi Maryam, SST dan sekaligus dapat membuka pelatihan jurnalistik bersama Dosen  Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UIT dengan tema, “Berperspektif Perempuan dan Anak”.

Dalam sambutannya, Rektor UIT menyampaikan rasa terimakasih atas terselenggaranya acara dengan pihak akademisi, harapnya acara ini bisa berkelanjutan dalam bersinergi membangun jurnalis yang andal, “katanya.

Disamping itu, Wakil Rektor IV Universitas Indonesia Timur (UIT), Zulkarnain Hamson, S.Sos. M.Si. Direktur Pusdiklat menyanyikan motivator, menghadirkan berbagai pemateri yang handal seperti,; Nurdin Amir Ketua AJI Makassar, Rusdin Tompo selaku pemerhati perempuan dan anak, serta Lusi Palulungan Koordinator BAKTI.

Antusiasme peserta yang membantah 25 orang dengan beberapa dosen UIT dan jurnalis on line dari berbagai daerah / kota di Sulsel berusaha mengupas berbagai masalah pemberitaan terkait masalah perempuan dan anak.

Menurut Rusdin Tompo dalam paparan materinya, “jelaskan sejumlah polemik tentang pemberitaan yang melibatkan perempuan dan anak,” tulis jurnalis abai dalam menjalankan profesinya dengan mengenyampingkan Hak Azasi Manusia (HAM) dari sumber.

Oleh karena itu jurnalis harus rajin mengkaji setiap pemberitaan yang akan tayang tanpa membahas HAM sambil membahas berbagai kasus pemberitaan terkait, “perempuan dan anak,” mulai pada kasus anak-anak di bawah umur karena ada hubungan psikologis, “jelas Rusia.

Percakapan para partisipan dari berbagai mediapun terlihat jauh dengan dibukanya sesi diskusi berdasarkan tema diklat jurnalis, mengedepankan hak-hak sumber berdasarkan HAM, dengan harapan jurnalis dapat menjadi pencerah di dalam berita berita atau informasi publik dan acarapun dibuka dengan penyerahan sertifikasi pelatihan sambil berfoto bersama. (Darwis Ham)

See also  Kapolres Gowa: Saya Perintahkan Tindak Tegas Pelaku Kejahatan Selama Covid19