Makassar, Pensilrakyat.com – Tiga organisasi media Online yakni, Pewarta Online Indonesia (POIN), Media Online Indonesia (MOI) serta Serikat Media Online Republik Indonesia (Sekat-RI) kembali bekerjasama menggelar pelatihan dasar jurnalistik secara gratis.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Hotel Bahagia Jl. Buru No.23-25 Makassar, Minggu, (26/07/2020) dengan mengangkat tema “Bersama-sama Kita Ciptakan Jurnalis Profesional”.

Sekretaris Jenderal POIN, Ruslan Rahman menuturkan, ini kali kedua kami bekerjasama dengan dua organisasi media online yakni Sekat-RI dan MOI guna menciptakan jurnalis jurnalis yang profesional dengan pembekalan SDM tentang ilmu jurnalistik hingga betul-betul layak disebut jurnalis/wartawan yang mampu menulis berita,” terang Ruslan. Sabtu (25/07/2020).

“Kami bekerjasama dengan harapan bisa menciptakan jurnalis yang betul-betul bisa menulis tidak sekedar wartawan yang punya id Pers saja tapi tidak bisa menulis,” jelas Ruslan.

Ia menyampaikan, bahwa dalam pelatihan ini kita sebagai pers punya fungsi untuk mengedukasi maksyarakat, bukan hanya membuat konten berita tetapi juga bagaimana melakukan verifikasi terhadap berita-berita hoax,” tambahnya.

See also  Kapolres Gowa: Saya Perintahkan Tindak Tegas Pelaku Kejahatan Selama Covid19

Ruslan berharap Pelatihan Jurnalistik gratis seperti ini bisa menjadi kegiatan yang rutin dan bisa digelar di berbagai daerah atau tempat-tempat lain.

“Mungkin bisa digelar di tempat lain supaya makin luas dan menjadi suatu gerakan edukasi bagi teman teman jurnalis terutama yang punya keinginan besar untuk terus belajar menuju Professionalisme Jurnalistik,” ujarnya. (DPr)