Maje’ne, Pensilrakyat.com – Percepatan pendaftaran varietas lokal provinsi Sulawesi Barat, Jum’at (20/09/2019) dilaksanakan melalui Tim BPTP Balitbangtan Sulawesi Barat yang bekerjasama dengan Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) mengajukan Formulir Pendaftaran untuk beberapa varietas komoditi pertanian lokal yang dimiliki Kabupaten Majene, “ungkapnya.

Menurut Tim Balai Penerapan Teknologi Pertanian (BPTP) Sulbar, Ia juga melakukan Koordinasi dengan Dinas Pertanian setempat dalam upaya pelestarian Sumber Daya Genetik (SDG) lokal berdasarkan penandatanganan formulir pendaftaran varietas pertanian lokal yang dilakukan Bupati Majene Dr. H. Fahmi Massiara, MH. didampingi Kepala Dinas Pertanian Burhan, S.Pt., MMA.

Kepada media ini, Tim BPTP menyampaikan, “bahwa Tanaman yang akan didaftar harus dilakukan secara langsung oleh Pemerintah Daerah atau Pemerintah Kabupaten¬† berdasarkan instansi yang ditunjuk pemerintah daerah atau Bupati, beserta instansi yang direkomendasikannya”.

Adapun varietas yang akan didaftarkan untuk Kabupaten Maje’ne sebanyak empat jenis varietas tanaman lokal antara lain ; Bue Saqbe, Kopi Rica-rica, Lasse Bambang, dan Nangka Tande berdasarkan prosedur¬† dokumen pendaftaran yang diserahkan kepada Dinas Pertanian Majene, kemudian selanjutnya dilakukan penginputan data varietas yang akan didaftarkan secara online, “tutupnya. (*)

READ  Bangun Komunikasi Pemberitaan, Pengurus SEKAT RI Bertandang ke DPRD Konawe