Gowa, Pensilrakyat.com – Jelang penormalan kembali aktifitas perkantoran, Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan akan melakukan penyemprotan disinfektan secara massal di seluruh Wilayah Sulsel.

Bupati Gowa sekaligus Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan mengatakan penyemprotan yang dijadwalkan pada tanggal 6-7 Juni mendatang ini akan difokuskan pada kantor-kantor pemerintah, kantor-kantor Pelayanan Publik dan Masjid.

Adnan menyebutkan sesuai edaran menteri bahwa seluruh ASN akan kembali normal berkantor pada Bulan Juni. Sehingga kata Adnan sebelum mulai masuk bekerja, maka dipastikan kantor-kantor tersebut sudah disterilkan begitupun dengan Masjid.

“Kita berharap sebelum masjid ini dibuka untuk dipakai shalat, kita pastikan masjid ini sudah steril dari Covid-19. Sehingga ketika kembali dibuka dengan protokol kesehatan tidak akan terjadi penyebaran virus corona di Masjid tersebut,” ujar Adnan saat memimpin Rapat Koordinasi dengan seluruh pengurus PMI Kabupaten-Kota se Sulsel melalui video conference, Sabtu (30/05/2020).

Lanjut Adnan, penyemprotan disinfektan secara massal ini juga sebagai upaya PMI dalam mendukung pemerintah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di Sulsel. Mengingat Sulsel ini menjadi salah satu provinsi dengan tingkat penyebaran Covid-19 tertinggi di Indonesia.

READ  Aktivis LSM Desak Satpol PP Dan Polres Gowa Tindak Toko Penjual Miras

“Saat ini, Sulawesi Selatan berada di urutan ke empat se Indonesia berkaitan dengan penularan Covid-19. Kita sudah berada di atas Jawah Tengah yang penduduknya sebanyak 32 juta sementara kita hanya 8,8 juta tetapi angka positif kita lebih besar,” ungkapnya.

Olehnya itu, Adnan berharap keterlibatan seluruh pengurus dan anggota PMI Kabupaten-Kota se Sulsel sangat dibutuhkan untuk mendukung pemerintah dalam memutus mata rantai penularan covid-19.

Sementara itu, seluruh pengurus PMI Kabupaten-Kota se Sulsel pada rapat koordinasi ini menyatakan siap mendukung untuk menyukseskan penyemprotan massal tersebut, salah satunya PMI Cabang Gowa.

“Sebagaimana apa yang disampaikan Ketua PMI Sulsel bawa tanggal 06 dan tanggal 07 kita akan melaksanakan penyemprotan seluruh pengurus PMI Kabupaten-Kota di Sulawesi Selatan, maka tentunya kami akan laksanakan sesuai dengan petunjuk bapak Ketua PMI Sulsel,” kata Ketua PMI Kabupaten Gowa, H. Abd Rauf Malaganni Krg. Kio’.

Abd Rauf Malaganni yang juga Wakil Bupati Gowa ini menyebutkan selama ini PMI Kabupaten Gowa sudah aktif terlibat langsung mendukung pemerintah dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 di Wilayah Kabupaten Gowa.

READ  Gubernur Sul-sel Sambung Rasa Dengan Ketua PGRI, Jaga Netralitas Di Musim Pilkada

Seperti halnya terlibat dalam pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Gowa beberapa waktu lalu. Membantu Pemerintah Kabupaten Gowa melakukan penyemprotan serentak, melakukan promosi kesehatan pembagian masker, hand sanitizer dan menyalurkan bantuan.

“PMI Kabupaten Gowa telah menginstruksikan keterlibatan PMI Kecamatan untuk mendukung kegiatan percepatan penanganan Covid-19 di seluruh Wilayah Kecamatan dalam Wilayah Kabupaten Gowa melalui surat instruksi PMI Kabupaten Gowa,” tambahnya.(*)