Makassar, Pensilrakyat.com – Jurnal ilmiah online Pranata Edu, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Indonesia Timur (UIT), Pranata Edu, telah terindeks Garuda di Kemenristek Dikti, September 2019 pekan lalu.

Di bawah manajemen baru UIT, Dekan Fisip UIT, Dr. (Cand) Nani Harlinda Nurdin, M.Si. berhasil mewujudkan proses dan tahapan melengkapi institusinya sesuai arahan Lembaga Layanan Dikti (LLDIKTI), Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo, “Arahan Kepala Lembaga Prof. Jasruddin, perguruan tinggi mutlak memiliki jurnal Ilmiah online terakreditasi,” ujarnya.

Kini Pranata Edu memasuki edisi kedua dan menjadi open jurnal system untuk digunakan dosen Perguruan Tinggi Negeri/Swasta (PTN/S) di seluruh Indonesia.

“DOI Pranata Edu, juga sudah menyertai indeks Garuda, In Syaa Allah kami akan segera menyiapkan akreditasi jurnal ini tahun depan, “kata Dekan Fisip UIT, sembari menambahkan bahwa Pusat Kajian Fisip UIT juga sedang menyiapkan agenda kegiatannya.

Sementara itu Rektor UIT, Dr. Andi Maryam, SST. SKM. M.Kes. menyebutkan dalam programnya sejak dilantik 7 Januari 2019, sudah berhasil memotivasi penerbitan jurnal ilmiah online dan akreditasi 7 prodi dengan nilai B. Pranata Edu, dipimpin Zulkarnain Hamson, S.Sos. M.Si. “Sesuai target kami, yang sejalan dengan target universitas, maka kami akan meluncurkan jurnal pengabdian on line dibulan oktober pekan pertama, “ujarnya.

READ  BPJS Ketenagakerjaan Makassar Kembali Berkurban di Tengah Pandemi Covid

Secara detail Zulkarnain Hamson, mengatakan sejak menjabat Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UIT, Juli 2018, dan berakhir 7 Januari 2019, gagasannya untuk mewujudkan setiap fakultas di UIT, memiliki jurnal Ilmiah online terakreditasi, “bahkan Pranata Edu akan membuka peluang bagi jajaran dosen PT di seluruh Indonesia, kami berharap hal ini dapat dimanfaatkan untuk publikasi ilmiah, “jelasnya.

” Dengan jumlah dosen yang terbilang besar, dikisaran 500 orang dalam pangkalan data yang belum rasionalisasi pasca pemulihan dari sanksi di 2018 kemarin, UIT juga sudah menyelesaikan wisuda tahap pertama dan akan disusul tahap kedua akhir tahun 2019 ini, ”

Ia juga menyampaikan, bahwa Pranata Edu yang berisi sejumlah reviewer berstandar internasional dari Unhas, juga dari perguruan tinggi di Thailand, “olehnya kami mengundang para dosen fisip di Indonesia untuk mengirimkan karyanya di jurnal kami, “papar Zulkarnain Hamson, yang kini dipercayai menjabat Wakil Rektor IV Bidang Humas Kerjasama dan Inovasi UIT.(*)