Takalar, Pensilrakyat.com – Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) adalah sebuah perkumpulan ormas yang sudah cukup lama dan kini  memasuki HUT (hari ulang tahun) yang ke – 20 tahun.

HUT (Hari Ulang Tahun) yang ke – 20 tahun FKPM ini diadakan di lapangan Sabintang Kabupaten Takalar, dengan dihadiri ribuan anggota ormas FKPM dan tokoh masyarakat lengkap dengan seragam menyambut kedatangan Ketua Koordinator Sul-sel H. Kadir yang akrab di panggil Haji Nyampa,  Minggu (27/10/19).

Kegiatan hari ulang tahun Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) disambut dengan kegiatan adat daerah khas makassar, “yakni paganrang (gendang) dan paraga yang dimainkan oleh personil FKPM Makassar dan Takalar.

H. Kadir Nyampa selaku Ketua Koordinator FKPM, dihadapan podium kader FKPM dan tokoh  masyarakat, memberikan sambutan bahwa Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) bukan polisi akan tetapi adalah mitra kepolisian yang dibentuk untuk dapat membantu tugas-tugas kepolisian, terutama babinkamtibmas agar aktifitas masyarakat yang ada di Makassar, Gowa, Takalar dan sekitarnya dapat tercipta situasi aman serta kondusif.

READ  Bantuan Dirjenhubdat Akhirnya Tiba di Posko Induk Bencana Masamba

Dalam penyampaiannya, Haji Nyampa selaku Ketua FKPM mengatakan, “bahwa FKPM memiliki terobosan ditiap permasalahan masyarakat dan selalu mencari solusi atau jalan keluar dari permasalahan, serta dapat merangkul semua komponen masyarakat untuk selalu berperan aktif menjaga situasi kamtibmas tetap selalu aman kondusif karena FKPM adalah forum kemitraan polisi dan masyarakat yang didukung oleh kepolisian dan pemerintah.

Ia menambahkan bahwa FKPM adalah ormas yang sudah cukup lama dibentuk dan diketahui keberadaannya di tiap polsek, polres di wil jajaran polda Sulawesi Selatan, makanya dalam menjaga situasi kamtibmas FKPM selalu borkordinasi dengan polmas (polisi masyarakat) atau yang di sebut babinkamtibmas sehigga masyarakat merasa terayomi dan terlayani dengan hadirnya FKPM di tengah-tangah masyarakat serta tidak melindungi seseorang yang melakukan kejahatan, malah mendorong pihak pengadilan agar menghukum seberat beratnya sesuai perbuatannya, tutur H. Kadir Nyampa.

Kegiatan HUT FKPM di lapangan Sabintang dihadiri wakil Bupati Takalar H. Ahmad Dg. Se’re S.sos bersama  unsur muspida pemda Takalar, kasat binmas Polres Takalar dan Kapolsek Pattalassang AKP Muhamadang serta tokoh masyarakat yang ada di Takalar, “ujarnya.

READ  Mantap! Rektor UIT Buka Ruang Pelatihan Bagi Jurnalis Bersama Akademisi

Turut hadir Wabup Takalar H. Akhmad Dg. Se’re memberikan himbauan kepada masyarakat agar Kab. Takalar kiranya selalu, “sipaka inga” sipakatau, “demi menjaga silaturahmi hingga terjalin persaudaraan yang hakiki serta bersatu agar situasi Kab. Takalar tetap aman kondusif, “pungkas Wabup Takalar.

Laporan : Muldani