Makassar, Pensilrakyat.com – Pengurus Daerah Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Provinsi Sulawesi Selatan sukses melaksanakan Webinar Nasional Literasi Jurnal dengan Tema “Artikel Metadata: Upaya Peningkatan Kualitas Pengelolaan Jurnal Ilmiah”,  Sabtu 09 April 2022 melalui zoom meeting.

Sebanyak 275 peserta dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan, juga Kalimantan, Banten, Semarang, Jakarta, Jogjakartra dan dari berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pengurus Pusat, Dewan Penasehat dan pengurus RJI Sulsel dengan Narasumber yaitu Asep Erlan Maulana, S.Kom. M.Kom dari Dosen Universitas Pamulang dan merupakan Fasilitator RJI Akademy, Asesor Manajemen Jurnal Ilmiah dipandu Host Nurfardiansyah Bur, SKM, M. Kes Pengurus RJI Sul-Sel dan Dosen UMI Makassar.

Adapun kegiatan ini dilaksakan sebagai upaya untuk meningkatkan proses pengelolaan jurnal ilmiah, agar proses pengelolaan jurnal dapat berjalan dengan baik dan benar.” Hingga pengelola memiliki artikel yang berkualitas dan dengan penuh percaya diri untuk mengajukan akreditas jurnal ketiga yang sudah berusia 2 tahun,” ungkap Muh Ilham Bakhtiar, S.Pd.M.Pd selaku Ketua RJI Sul-Sel.

See also  CV PMS Buka Akses Jaringan Internet Disejumlah Desa di Gowa

Sementara Andri Putra Kesmawan selaku Ketua Pengurus Pusat RJI dalam sambutannya mengatakan bahwa Literasi Jurnal semuanya difokuskan satu garis dengan RJI Akademi, RJI Akademi ini saat ini difokuskan bagi bapa/ibu sebagai terdata anggota RJI. Anggota RJI saat ini masih dua kategori, yaitu yang ikut TOT dan yang ketua yang menjadi pengurus.

Lanjut dikatakannya, Artikel meta data ini penting bagi bapak ibu bagi penulis dan bagi pengelola jurnal, semoga kegiatan ini ilmunya bermanfaat, semoga kegiatan ini bagian dari ibadah, atau bagian dari jihad karena menuntut ilmu juga bagian dari jihad.

Selaku narasumber kegiatan Asep Erlang Maulana dari Universitas Pamulang menerangkan, Artikel metadata merupakan bagian terpenting dalam proses pengelolaan jurnal, karena berfungsi untuk memudahkan proses pengarsipan dan pencarian kembali sebuah artikel ilmiah yang telah terbit pada sebuah jurnal.

” Pentingnya metadata artikel di isi karena sangat berkaitan dengan mesin indexing dan kebutuhan metadata manajemen references saat artikel akan disitasi,” terang Asep dalam materinya.

See also  PREESS RELEASE : "AKSI KITA INDONESIA FORUM KOALISI MASYARAKAT PENGGIAT ANTI KORUPSI, MAHASISWA DAN JURNALIS" Hidup Mahasiswa Indonesia! Hidup Rakyat Indonesia! Hidup Pers!

Beberapa metadata yang harus diperhatikan dalam proses pengelolaan jurnal online. Untuk OJS 2 harus memperhatikan metadata Author, Judul dan Abstrak artikel, Cover, DOI, supporting Agencies, Referensi, Display dan permission. Kemudian di OJS versi 3 memperhatikan bagian Judul dan abstrak, contributor, metadata, referensi, identitas author dan paper, Galleys, permission and disclosure serta issu.

” Melalui kegiatan Literasi Jurnal ini diharapkan agar pengecekan metadata artikel dilakukan sebanyak dua kali yaitu saat artikel akan dikirim kepada jurnal yang dituju dan saat artikel akan dipublish oleh editor, ” lanjut  Asep yang juga merupakan fasilitator RJI.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan proses tanya jawab kepada peserta, antusias peserta nampak dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan peserta, serta mengharapkan kegiatan ini dapat dilanjutkan dengan topik yang lain. (*)