Bulukumba, Pensilrakyat.com –  Pengurus DPD Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kabupaten Bulukumba menggelar Rapat Kerja (Raker) dengan tema “JOIN Progresif dan Profesional”.

Raker tersebut digelar di Lantai II Ruang Rapat dan Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bulukumba, Kamis (12/12/2019) malam.

Raker itu juga, dihadiri Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto, Sekretaris JOIN Sulsel Sudarman Djoni, Direktur Pusdiklat KTI JOIN Sulsel Zulkarnain Hamson, serta puluhan pengurus JOIN Bulukumba.

Dalam arahannya sebelum masuk agenda Sidang Pleno I, Zulkarnain Hamson yang bertindak sebagai Koordinator Steering Committee berharap agar pengurus JOIN Bulukumba menetapkan program-program strategis selama dua tahun periode kepengurusan.

“Buatlah program kerja yang belum pernah dilakukan oleh organisasi profesi Jurnalis yang lain. Apalagi di JOIN Sulsel ada sekira 46 guru besar sebagai dewan pakar organisasi,” katanya disambut aplaus.

Ia menjelaskan, dalam waktu dekat pengurus DPW JOIN Sulsel akan menggelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) di Makassar. Sehingga, katanya, raker JOIN Bulukumba sangat penting.

READ  Gila Bola, Sekcam Pallangga Buka Turnamen Mini Soccer di Gowa

“Seluruh DPD JOIN se-Sulsel bakal berkumpul di Makassar dalam agenda Rakorwil DPW JOIN Sulsel pada 23 Desember 2019 mendatang. Tentu, hasil dari raker malam ini akan dibawa ke forum Rakorwil,” ujar Zulkarnain, yang juga Wakil Rektor IV UIT Makassar.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, atas nama Ketua DPW JOIN Sulsel membuka secara resmi Raker DPD JOIN Bulukumba,” tambahnya dengan tiga kali ketukan palu, yang kembali disambut aplaus.

Masih di tempat yang sama, Ketua JOIN Bulukumba Saiful Hasbi mengatakan, pelaksanaan Raker adalah upaya memantapkan strategi untuk menjadikan organisasi JOIN di kabupaten berjuluk Butta Panrita Lopi, semakin progresif dan profesional.

“Mari bergerak bersama untuk kemajuan organisasi JOIN di Bulukumba. Meski dengan penuh kesadaran, masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi ke depan. Yang terpenting soliditas JOIN merawat kebhinekaan,” jelasnya.

“Olehnya kami meminta ke Pak Sek yang mewakili pak ketua DPW, serta Pak Dir Pusdiklat JOIN Sulsel, untuk terus mensupport dan mengarahkan kami agar cita-cita organisasi ini dapat terjuwud,” tambahnya.

READ  Seorang Jurnalis di Bulukkumba, Laporkan Oknum Yang Diduga Adik Bupati Atas Ancaman Pembunuhan

Saat pemaparan komisi di Sidang Pleno II, Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto tiba-tiba hadir, kemudian menyalami semua peserta raker, sembari menebar senyum.

Dalam sambutannya, Wabup Tomy Satria menekankan JOIN Bulukumba mampu memberikan kepastian informasi ke masyarakat. Sebab menurutnya, di era disrupsi saat ini, rawan produksi informasi palsu atau fake news.

“Pertanyaannya kemudian? Masyarakat sekarang mendapatkan informasi seperti apa? Di sinilah peran JOIN untuk hadir mengedukasi masyarakat,” terangnya, kemudian mengucapkan salam penutup dan mengikuti proses raker hingga larut malam. (*)