Makassar, Pensilrakyat.com – Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Koordinator Daerah Sulawesi Selatan (Korda Sulsel), menggelar lokakarya pengelolaan jurnal ilmiah online di kampus 1 Universitas Indonesia Timur (UIT), Sabtu 21 September 2019.

Kegiatan yang terlaksana atas kerjasama RJI Korda Sulsel, Fisip UIT, dan Jurnal Online Pranata Edu (JPE), membahas akreditasi jurnal, manajemen penerbitan, Digital Object Indentifier (DOI) dan Directory Open Acces Journal (DOAJ).

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UIT, Dr. Andi Maryam, SST. SKM. M.Kes. dengan didampingi Wakil Rektor IV UIT, bidang Humas Kerjasama dan Inovasi, Zulkarnain Hamson, S.Sos. M.Si.

Dengan dibukanya acara lokakarya yang bertajuk “Jurnal Ilmiah on Line, “kami sangat berterima kasih, kepada RJI dan pimpinan Fakultas Sospol dan jajarannya yang sudah bekerja keras menyiapkan kegiatan ini, semoga UIT kembali bisa menjadi PTS yang mampu menjajari PT lainnya di Sulsel, ” ujar sang Rektor.

Oleh penanggungjawab kegiatan Dekan Fisip UIT, Dr. (Cand) Nani Harlinda Nurdin, M.Si. kepada awak media menjelaskan, bahwa workshop nasional ini diselenggarakan di dua kampus di Sulsel, “kami kampus kedua tahun 2019 ini yang menyelenggarakan workshop roadshow DOAJ.

READ  Profesi Wartawan Dilecehkan di 'Toko Bintang' SEKAT-RI Geram dan Kutuk Kebiadaban Pelaku

“Acara ini diikuti 60 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) negeri maupun swasta, diantaranya Unhas, STIA LAN, Poltek Negeri Ujungpandang, Uinam, Unsulbar, STT Starslub, UMI, Stiba Makassar, STIE Tridharma Nusantara, Akper YAPMA, Unimers, IAIN Bone, UNM, UMM, Unismuh, “jelasnya.

Sementara itu, Koordinator RJI, Dr. Ramlan Mahmud, M.Pd. dalam sambutannya, “mengatakan, roadshow Directory Open Acces Journal (DOAJ) sangat membantu pengelola jurnal untuk mencapai indeks hingga UIT kini memiliki 13 OJS yang dikelola di 11 fakultas, serta 22 program studiĀ  dengan pengelola sebanyak kurang lebih 130 akademisi.(*)