Pensil Rakyat, MAKASSAR,- Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni meminta agar daerah merealisasikan belanja APBD secara maksimal.

Hal itu disampaikannya dihadapan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Makassar dalam Rapat Koordinasi (Rakor) yang diikuti seluruh kepala OPD dan Camat, di Hotel Aryaduta, Minggu (30/10/2022).

Agus Fatoni mengatakan pemerintah daerah punya keleluasan yang cukup besar untuk mengelola keuangan daerahnya yang telah diatur dalam Undang – Undang No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

“Jadi pemerintah daerah punya keleluasaan yang sangat besar untuk mengelola keuangan daerahnya sendiri,” ucap Agus Fatoni.

Untuk mencapai realisasi anggaran secara  maksimal, menurutnya, setiap aparat pemerintahan harus inovatif dalam mengelola anggaran keuangan daerah.

“Pengelolaan membutuhkan aparatur yang inovatif dengan merubah pola pikir, tentunya akan merubah cara kerja, tidak boleh bekerja sendiri – sendiri, ASN harus memiliki kompetensi, komitmen dan kekompakan,” tuturnya di hadapan peserta Rakor.

Sementara itu Wali Kota Danny berharap apa yang dipaparkan Dirjen Bina Keuangan Daerah bisa menjadi motivasi bagi seluruh ASN di Pemkot Makassar.

See also  Wawali Makassar jadi Narsum Pencegahan Stunting

“Luar biasa sekali, banyak ilmu yang kita ketahui langsung, apa yang diberikan kepada kita menjadi motivasi bagi kita sebagai ASN,” ujar Danny.