Gowa, Pensilrakyat.com – Hari ini Selasa, 18/10/2022 telah dilaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di aula DPRD Kabupaten Gowa terkait laporan dugaan pungli dari Yayasan Bantuan Hukum Kompak Indonesia, Ahmad Rana yang mengatasnamakan warga Desa Rappolemba dalam mengajukan pengaduan atau pelaporan ke DPRD Gowa untuk dilakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di dalam menyampaikan aspirasi masyarakat terkait pengukuran/pendataan tanah di Desa Rappolemba Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa. Selasa/18/10/2022.

Dalam hal ini Ketua Yayasan Bantuan Hukum Kompak Indonesia (Ahmad Rana) melaporkan kepada wakil rakyat/DPRD Gowa adanya dugaan pengukuran tanah yang mereka duga ada pungli dilakukan oleh Bur Cs tanpa melibatkan orang BPN, terang Ahmad Rana di Aula DPRD Gowa dihadapan moderator Ruang RDP yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gowa dari Fraksi Golkar H. Arifuddin Dg. Ngemba komisi l dan hadirin lainnya.

Ditempat yang sama Camat Tompobulu H. Arifuddin menyampaikan secara jelas bahwa apa yang dilakukan oleh Bur Cs itu bukan pendaftaran tanah tapi verifikasi obyek peningkatan pajak/perbaikan data untuk proses percepatan administrasi terkait status kepemilikan tanah dan bangunan di Kecamatan Tompobulu, serta hal itu sangat membantu pemerintah Kabupaten Gowa dalam hal Peningkatan Aset Daerah juga keberadaannya  membantu verifikasi data di Wilayah Kecamatan Tompobulu,” ungkapnya.

See also  Dindikbud Pinrang Gelar Lomba Seni dan Permainan Rakyat Jelang HUT Kemerdekaan RI

Informasi Indikasi pungli seperti apa yang telah disampaikan oleh Kompak Indonesia itu menurut anggota DPRD Gowa komisi satu (.H. Abd Salam Rani) bahwa itu tidak benar, pun beberapa warga Desa Rappolemba yang hadir di ruang RDP saat ditanya oleh (komisi l) apakah bapak bapak keberatan membayar terkait verifikasi data yang dilakukan oleh tim pengukur Bur Cs? Dengan serentak warga tersebut tak keberatan, hanya saja kami butuh semacam bukti (kwitansi) pembayaran,” ujarnya.

Tampak juga beberapa tokoh, aktifis,dan media hadir pada rapat tersebut, antara lain Syafriadi Djaenab, Zul Kifli, Ahmad Edy Yusuf, Rafyuddin Tantu yang tergabung dalam Koalisi Toddopuli Indonesia Bersatu, Hertasmin L-PACE dan Dg. Tiro Ketua Labraki, mereka terlihat antusias mengikuti jalannya RDP bahkan sesekali terdengar yel-yel sebagai bentuk dukungan kepada Camat Tompobulu juga kepada para Wakil Rakyat di Aula DPRD Kabupaten Gowa.(DPr)