PensilRakyat, Makassar | Sebanyak 60 ribu guru anggota Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGRI) dari 24 kabupaten dan kota se-Sulsel akan tumpah di Soppeng 24-28 Juli 2023 menghadiri Porseni PGRI VI.

Selain para guru, diperkirakan hadir juga para suporter dan para penggembira yang akan meramaikan Porseni PGRI di Soppeng. Apabila ditotal keseluruhan, diperkirakan akan tumpah ratusan ribu massa PGRI untuk menghadiri Porseni tersebut. Porseni ini rencana akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman pada Senin 24 Juli 2023 nanti.

Gubernur juga akan melepas peserta jalan santai para anggota PGRI melawan malas gerak (mager). Demikian ditegaskan pula oleh Sekretaris Panitia Porseni PGRI VI 2023 di Soppeng, Dr Abdi S.Pd, M.Pd. kepada media, Kamis 13 Juli 2023 di Warkop Cappo Makassar.

Dijelaskan, rencana awal Porseni PGRI VI ini akan digelar pada Senin-Jumat 3-7 Juli 2023, tetapi karena Gubernur Sulsel Andi Sudirman masih berada di Tanah Suci Makkah menjalankan ibadah Haji, maka jadwal digeser pada akhir Juli 2023, kata Doktor Administrasi Publik PPs-UNM 2010.

See also  "мостбет: Бонусы На Первый Депозит И Лучшие Ставки На Спорт

Selama porseni sebanyak 4.117 atlet peserta Porseni yang bertanding pada beberapa mata lomba olah raga dan seni. Cabang olah raga termasuk, bulu tangkis, catur, futsal, tennis meja, tennis lapangan, sepak takrow, volly ball, pétanque, kata Dosen Dipekerjakan LLDIKTI IX di Prodi S1 Administrasi Negara Fisip Unismuh Makassar.

Sedangkan cabang seni adalah, paduan suara, vokal grup, nyanyi solo, tari kreasi, tari tunggal nusantara, melukis, MTQ, pengucapan ikrar guru, mendongeng, stand up comedy. Selain itu ada juga lomba kreativitas guru dengan jenjang para guru di TK/RA; SD/MI; SMP’MTs; SMA’MA; SLB. Pada porseni kali ini juga akan menggelar seminar nasional, Selasa 25 Juli 2023 dengan tema, Peluang dan Tantangan Guru di Era Masyarakat 5.0: Teknologi Digital dan Kecerdasan Artifisial, kata Guru SMK 5 Makassar 1995-2007.

Tampil selaku nara sumber Ketua Umum PB PGRI, Prof. Dr Unifah Rosyidi, M.Pd; Ketua PGRI Provinsi Sulsel, Prof Dr Hasnawi Haris, M.Hum; Wakil Sekretaris Umum PGRI Sulsel, Dr.Abdi, S.Pd, M.Pd. Selain itu juga akan tampil tiga guru inovatif dalam seminar itu yakni; Guru SMPN 1 Watansoppeng, Gusnawati, S.Pd, M.Pd; Guru SMAN 1 Soppeng, Luktfy Alam, S.Sos; Guru SDN 100 Dare Bunga Bungae, Rahmaningsi, S.Pd.

See also  Lautan Manusia Penuhi Acara Pembukaan MTQ Ke 32 Tingkat Provinsi Sulsel

Pada saat pembukaan rencana akan hadir beberapa bupati dan walikota termasuk di antarannya; Bupati Bone, Bupati Bantaeng, Bupati Wajo, Bupati Maros, Walikota Parepare, kata Kepala Badan Lingkungan, Kebersihan, Pertamanan, Pemakaman dan Pemadam Kebakaran.