Gowa, Pensilrakyat.com – Geliat para kader Posyandu di Kabupaten Gowa semakin getol memerangi stunting atau kondisi gizi buruk yang biasa dialami bayi atau balita, tak terkecuali para kader Posyandu Anggrek di Dusun Pa’langiseng Desa Pallangga Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa yang telah melaksanakan pelayanan kesehatan, yakni Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada bayi dan balita sebagai langkah pencegahan stunting,” terang Muh Asrul Taufik Arifuddin, Kamis 09/12/2021).

Menurutnya, data Posyandu pada bulan Desember tahun 2021 terdapat 35 Posyandu Aktif dengan Strata Madya dan Purnama di Wilayah Kerja Puskesmas Kampili, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa.

Lanjut, ia mengatakan ada 5 Orang Kader di Posyandu Anggrek di Dusun Pa’langiseng, yaitu terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan dua orang anggotanya, di masing- masing Desa ada satu orang Kader Pembangunan Manusia (KPM) Stunting,” jelas Asrul.

Posyandu Anggrek Dusun Pa’langiseng memiliki bagian pelayanan yang terdiri dari 5 Meja yaitu Meja 1 Pendaftaran Balita, Ibu Hamil, dan Ibu Menyusui, Meja 2 Penimbangan dan Pengukuran Bayi dan Balita, Meja 3 Pencatatan hasil Penimbangan dan Pengukuran Bayi dan Balita, Meja 4 Penyuluhan dan Pelayanan Gizi bagi Ibu Balita, Ibu Hamil, dan Ibu Menyusui, serta Meja 5 Pelayanan Kesehatan, KB, dan Imunisasi,” ungkap Muh Asrul.

See also  Mendagri Sigap Lakukan Gladi Bersih Jelang Acara Puncak Sail Tidore di Maluku Utara

Lebih jauh Muh. Asrul Taufiq Arifuddin, S.KM., M.K.M. selaku Koordinator Posyandu Puskesmas Kampili mengatakan bahwa tujuan diadakannya Posyandu yaitu untuk mencegah Bayi dan Balita mengalami Stunting dengan harapan semoga semua Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Kampili secepatnya diterbitkan SK Terbaru Kader Posyandu dari Kepala Desa di Bulan Januari Tahun 2022, agar semua tenaga kesehatan di Puskesmas Kampili dapat berperan aktif di Posyandu, serta adanya kerja sama Pemerintah Desa dan Lintas Sektor di Wilayah Kerja Puskesmas Kampili,” imbuhnya.

Sementara itu, Ibu Wahidah selaku Kader Pembangunan Manusia (KPM) Desa Kampili, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, menyampaikan, bahwa kegiatan Posyandu ini sudah sangat bagus karena rata- rata sasaran sudah hadir dan rajin datang ke Posyandu,” ujarnya.

Adapun harapannya, agar semua Posyandu di Desa Kampili makin maju lagi dan sudah mempunyai bangunan Posyandu tersendiri secara Permanen agar aktifitas Posyandu dapat berjalan lancar tanpa menumpang lagi di rumah warga,” harap Wahidah.

Hal senada pun disampaikan oleh Ketua Posyandu Anggrek, Dusun Pa’langiseng, Desa Pallangga Ibu Hasriani Dg. Bulang, ia mengatakan bahwa kegiatan pelayanan Posyandu sudah makin baik, para ibu bayi dan balita sudah mulai menyadari akan pentingnya hal ini, mereka dengan bersikap sabar menunggu antrian pelayanan kesehatan untuk para anak-anak mereka meskipun bayinya rewel ketika ditimbang,” pungkasnya. (Dpr)

See also  Wawali Makassar Lega Peringatan HUT RI Sukses