Makassar, Pensilrakyat.com – Pada tanggal 22 Juli 2023, terjadi sebuah insiden di depan kantor PT Mandala Multifinance cabang Makassar (“Perusahaan”) yang melibatkan anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Gowa Raya (CAGORA) dan Serikat Pekerja Sulawesi Selatan dan Barat dengan beberapa karyawan Mandala.

Berawal dari aksi unjuk rasa oleh HMI CAGORA dan Serikat Pekerja di depan kantor perusahaan Mandala Cabang Makassar, terkait penyelesaian perselisihan hubungan industrial antara perusahaan dan salah seorang mantan karyawan perusahaan.
Perselisihan hubungan industrial antara perusahaan dengan salah seorang mantan karyawan perusahaan tersebut bermula dari PHK oleh Perusahaan terhadap seorang karyawan.

“Karyawan tersebut menolak PHK dan menggugat Perusahaan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI). Perusahaan mengikuti proses persidangan perkara tersebut dan PHI sudah memutuskan gugatan karyawan tersebut dinyatakan tidak dapat diterima. Karenanya, karyawan melalui HMI dan Serikat Pekerja menuntut haknya ke perusahaan di luar jalur hukum atau pengadilan”.

Unjuk rasa yang dilakukan oleh HMI dan Serikat Pekerja tersebut menyebabkan terjadinya insiden yang sangat disayangkan terjadi. Sebagai perusahaan yang selalu berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang aman, damai, dan saling menghargai, perusahaan sangat menyesali kejadian ini.

Melalui siaran Pers ini, pihak Perusahaan Mandala Multifinance dengan tegas menyatakan tidak pernah menginginkan terjadinya perselisihan atau konflik dengan pihak manapun, termasuk anggota HMI dan Serikat Pekerja.

“Perusahaan menyadari bahwa komunikasi yang baik adalah kunci untuk mencegah kekeliruan dan peristiwa yang tidak diinginkan seperti ini. Oleh karena itu, Perusahaan berkomitmen untuk meningkatkan komunikasi internal dan eksternal guna menghindari peristiwa serupa di masa mendatang”.

Pihak Perusahaan Mandala Multifinance menegaskan akan selalu mendukung hak setiap individu untuk menyampaikan pendapat secara damai dan menghormati kebebasan berekspresi. Perusahaan juga berkomitmen untuk bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk HMI dan Serikat Pekerja, untuk mencari solusi yang adil di masa depan.

Saat ini, proses hukum atas perselisihan dan insiden antara karyawan Perusahaan dengan HMI Cabang Gowa Raya sedang berjalan. Selain itu, pihak perusahaan juga sedang berusaha menjalin audiensi bersama perwakilan dari HMI dengan harapan dapat mencapai kesepakatan penyelesaian masalah secara bijaksana dan damai.

Dalam kesempatan ini pula pihak perusahaan ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya dengan tulus kepada anggota HMI Cabang Gowa Raya yang terlibat dalam peristiwa ini serta pihak-pihak lain yang mungkin merasa dirugikan oleh insiden tersebut yang terjadi sebagai reaksi spontanitas tanpa terencana sebelumnya.

Selanjutnya pihak perusahaan berharap semoga kejadian ini menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk lebih bijaksana dalam menangani situasi yang menegangkan dan saling memahami perspektif masing-masing. Perusahaan berharap agar masyarakat dan semua pihak terlibat dapat memberikan kesempatan bagi proses hukum dan dialog yang sedang berlangsung agar permasalahan ini dapat diselesaikan dengan baik.
Terima kasih atas perhatian dan pengertian dari seluruh pihak yang terlibat. (Selasa, 25 Juli 2023)

Hormat kami,
Daniel Deky Bakker
General Manager Bisnis Wilayah Indonesia Timur Mandala Finance

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini