Gowa, Pensilrakyat.com – Ormas Laskar Merah Putih (LMP) Markas Cabang Kabupaten Gowa menilai kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilaksanakan oleh Pemkab Gowa, mulai pada tanggal 04 Mei hingga 17 Mei 2020 menuai keberhasilan, dibanding Kabupaten atau Kota lainnya yang juga menerapkan PSBB.

Ketua LMP Macab Gowa, Anwar Usman, mengatakan, ada beberapa parameter yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan pelaksanaan PSBB di Kabupaten Gowa selama 14 hari karena faktanya dilapangan, pelaksanaan lebih efektif, tegas dan disiplin sehingga sangat berdampak dalam merubah pola perilaku hidup masyarakat.

Legislator DPRD Gowa ini menggambarkan perubahan pola perilaku hidup masyarakat selama PSBB, di antaranya, kesadaran pelaku usaha untuk tetap disiplin dengan tidak membuka toko atau tempat usahanya dari batas jam/waktu yang telah ditetapkan dalam aturan PSBB, tetap menggunakan masker serta kurangnya aktivitas masyarakat untuk keluar rumah apalagi berkumpul seperti biasanya.

“Meskipun data penyebaran Covid-19 di Kabupaten Gowa belum menurun dan kadang masih meningkat, namun bukan berarti PSBB Kabupaten Gowa dianggap tidak berhasil, melainkan Pemkab sudah sangat protektif dalam mendeteksi laju penyebaran Virus Corona, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan rapid test secara massal sehingga dapat mendeteksi perkembangan kondisi atau angka penyebaran covid19 di Gowa,” jelas Anwar.

READ  Pelantikan Penjabat Lingkup Pemkab Gowa, Dihadiri Para Pemangku 01 Di Kabupaten Gowa

Disamping itu, Khaeril Jalil selaku Sekretaris LMP, menambahkan, bahwa terkait pelaksanaan Patroli PSBB yang dilaksanakan pada malam hari selama masa PSBB berlangsung dengan dibantu oleh berbagai partisan ormas yang ada di Gowa termasuk ormas kami (LMP Macab Gowa-red) pun turut berpartisipasi dalam pelaksanaan PSBB, mulai dari awal hingga akhir pelaksanaan agar dapat berjalan maksimal sesuai yang diharapkan.

Di antaranya dengan menurunkan armada truknya untuk mengangkut kendaraan yang terkena razia oleh Tim Terpadu dan puluhan anggota LMP yang diturunkan untuk membantu Patroli Pengamanan PSBB pada malam hari serta penjagaan beberapa titik posko penanganan Covid yang berada di perbatasan Kabupaten Gowa.

“Sebagai landasan lembaga kami, Tri Dharma Laskar Merah Putih, yakni Pengabdian, Solidaritas dan Kerakyatan, maka kami harus ambil bagian untuk mensukseskan program Pemerintah saat ini dalam pengendalian Covid-19, salah satunya ikut serta dalam Patroli Pengamanan Skala Besar yang dilaksanakan oleh Tim Terpadu TNI, Polri dan Satpol PP,” paparnya.

Lanjut Advokat Muda Peradi ini berharap,  agar setelah berakhirnya kebijakan pemberlakuan PSBB Kabupaten Gowa pada hari Minggu kemarin, masyarakat tetap mengikuti imbauan atau anjuran pemerintah dalam melawan penyebaran virus corona atau Covid19.

READ  Sejumlah Tokoh Agama Bersama Kemenag Gowa Mengapresiasi Ketegasan Kapolres Gowa Dalam Pengamanan Aksi Unjuk Rasa

“Tentunya kami semua berharap masyarakat tetap mengikuti imbauan pemerintah dalam upaya menekan penyebaran Covid19, di antaranya tetap menggunakan masker jika keluar rumah, tidak berkerumun, jaga jarak, physical distancing, tetap menjaga pola hidup bersih serta tentunya mari kita berdoa agar wabah ini cepat berakhir,” harapnya dengan penuh semangat. (DPr/Indra)