PensilRakyat, Makassar — Perguruan Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah Cabang 37 Parang Tambung dan Maccini Sombala melakukan kegiatan Amaliah Ramadhan pada Kamis (6/4/2023).

Kegiatan Tapak Suci cabang Partam dan Maccis ini bertepatan dengan 15 Ramadan 1444 H. Dengan mengangkat tema “We Share Cause We Care” (Kami Berbagi karena Kami Peduli) meliputi beberapa kegiatan, yaitu, Berbagi IFTAR, Buka Puasa Bersama, Sharing Session dan juga Shalat Berjamaah.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Lurah Maccini Sombala Saddam Musma, S.STP, M.Si, selaku pemerintah setempat juga salah satu pembina Tapak Suci Cabang Maccini Sombala, Ari Ashari Ilham, SE Anggota DPRD Kota Makassar juga merupakan Pembina Tapak Suci Cabang Maccini Sombala, Zulkarnaen Hamson, S.Sos, M.Si, Direktur Pusdiklat JION Pembina Tapak Suci Cabang Parang Tambung, Rahman Rumaday, S.I.Pem, Founder Komunitas Anak Pelangi dan Pembina Tapak Suci Cabang Parang Tambung, Arwan Rusli, SE, Pimpinan Redaksi Bugis Pos dan juga Pembina Tapak Suci Cabang Parang Tambung.

Selain dari para pembina cabang latihan, kegiatan ini didukung penuh juga oleh Ketua Tapak Suci Cabang Parang Tambung Nur Indah Adjid, SE, Ketua Tapak Suci Cabang Maccini Sombala Rachmat Tumengkol SE,MM, Bendahara Tapak Suci Cabang Maccini Sombala Sadrianah,S.Pd.I, para orang tua siswa Tapak Suci dari kedua cabang tersebut bahkan ada beberapa diantaranya yang ikut bergabung pada pawai/konvoi berbagi IFTAR.

Hermanto sebagai penanggung jawab kegiatan dan sekaligus pelatih Tapak Suci Cabang Parang Tambung dan Maccini Sombala menyampaikan bahwa kegiatan ini berawal dari ide adek-adek siswa yang ingin berbagi di bulan Ramadhan, namun karena ingin atas nama Perguruan Tapak Suci olehnya itu pelatih Tapak Suci yang mengambil alih sehingga kegiatan dikoordinir oleh cabang Parang Tambung dan Maccini Sombala.

“Untuk itu, kami selaku pelatih berkonsultasi dengan pembina dan para orang tua siswa kemudian mereka menyambut baik niat mulia siswa Kami ini. Kemudian kami fasilitasi dengan mengadakan giat yang bertema We Share cause We Care ini,” ucap kader yang menyandang Kader Kepala.

“Adapun kegiatan berbagi IFTAR kami itu, bukan di satu tempat, tapi kami bergerak mulai dari Cabang Parangtambung di Jalan Dg. Tata kemudian ke Jalan Abdul Kadir, ke Jalan Dangko, memutar ke Daerah Sambung Jawa, Jl. Cendrawasih, Jl. Tanjung Alang, Jl. Manunggal 31, Jl. Danau Tanjung Bunga dan finish di Baruga Amalia Maccini Sombala untuk melakukan buka puasa, shalat berjamaah dan sharing session,” jelas pria yang akrab disapa Ka’Anto

“Tentu tujuan kegiatan ini, untuk mengedukasi dan menanamkan kepada para siswa kami jiwa kepedulian dan kepekaan sosial terhadap sesama sejak dini, bagaimana mendidik siswa Tapak Suci menjadi garda terdepan dalam penanganan sosial kemasyarakatan tentu dengan harus memiliki jiwa sosial, jiwa peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar, juga bagaimana menjalin silaturahmi untuk ukhuwa antara siswa, orang tua siswa, pelatih dan juga pembina, karena sebagai mana motto Tapak Suci ” Dengan Iman dan Takwa Saya Menjadi Kuat dan tanpa Iman dan Takwa Saya Menjadi Lemah” adalah pondasi dasar dari perguruan Tapak Suci,” tutur Hermanto.

Sementara itu Lurah Maccini Sombala Saddam Musma, disela-sela kesibukannya selaku Pemerintah Kelurahan Maccini Sombala tetap menyempatkan diri untuk bisa hadir ditengah-tengah kegiatan Tapak Suci Cabang Maccini Sombala dan Parang Tambung tersebut.

Saddam Musma hadir memberikan motivasi kepada seluruh siswa, pelatih dan para orang tua siswa untuk tetap menjaga kebersamaan dan kekompakan sehingga kekeluargaan tetap terjalin dengan baik diantara kita semua.

Saddam dalam bincang-bincang bersama pelatih, pembina dan ketua Tapak Suci Maccini Sombala berharap Tapak Suci Cabang Maccini Sombala dan Parang Tambung menjadi garda terdepan dalam penanganan sosial kemasyarakatan, sehingga sikap peduli terhadap sesama semakin terjalin tanpa memandang status seseorang, siapapun itu yang mengalami kesusahan disekitar kita harus kita punya empati untuk bisa membantu dan meringankan bebannya. Harapnya.

Pada sesi acara sharing sessions, Pembina Tapak Suci Cabang Parang Tambung Rahman Rumaday menyampaikan apresiasinya dengan kegiatan Tapak Suci Cabang Parang Tambung dan Maccis di bulan suci Ramadan ini.

“Ini tentu menjadi pemantik semangat bagi siswa-siswa Tapak Suci untuk berbagi dan berprestasi di bulan Ramadan ini. Dan lebih dari itu, tali silaturahmi juga terjalin antara siswa, orang tua dan pelatih. Ini menjadi kredit poin bagi para pelatih juga yang begitu jeli menangkap keinginan siswanya yang mulia untuk ditularkan kepada siswa lainnya,” tandas Maman.

“Ini juga membuktikan bahwa berbagi itu ternyata menyenangkan, terbukti dengan keceriaan dari siswa dan orang tua mereka usai berbagi tadi. Gebrakan ini jangan berhenti disini, ini juga dibuat semacam agenda rutin, bahkan ini bisa menjadi tradisi di cabang. Kita mulai dari sini dan berikrar dalam hati, bahwa olahraga bukan semata prestasi akan tetapi juga apresiasi,” Ungkap Pria yang biasa disapa Bang Maman.

Disela-sela sharing sessions, Pembina Tapak Suci Cabang Parang Tambung dan juga merupakan Founder K-Apel Rahman Rumaday memberikan apresiasi kepada beberapa orang siswa yang paling banyak tadarus Al-Qur’an selama 15 hari Ramadhan, apresiasi itu berupa bingkisan dan sejumlah uang.

Adapun siswa yang berhak menerima apresiasi tersebut adalah Muh. Raihan Ramzi Raja Wibowo (20 Juz), Annisa Fitry Ramadhani (17 Juz), Saskia Vebiola (15 Juz), dan Nadin Aprilia Azzahrani (14 Juz).

Bang Maman berharap semoga semua siswa Tapak Suci Cabang Parang Tambung dan Maccini Sombala bisa Khatam Qur’an sampai akhir Ramadhan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini